Senyuman Memesona


Seutas senyum yang ikhlas dan menceriakan itu ibadah

Bismillahirrohmanirrohim, 

Assalamualaikum sahabat Salimah yang berbahagia, seutas seyuman kami berikan hari ini. Di hari ini, kami berganti baju, kami berbenah dengan harapan agar kinerja kami semakin baik, dan blog ini semakin memberikan manfaat untuk semua.

Sahabat Salimah yang berbahagia! Seutas senyuman yang kita berikan hari ini, kepada sesama, teman sejawat, teman sekantor, sahabat kehidupan, keluarga, anak-anak adalah sebuah energi positif yang menceriakan,  dan bernilai ibadah. 

Seorang sahabat kami pernah berujar, bahwa ia merasa sangat tertekan bekerja di kantornya. Telisik punya telisik, ternyata itu semua hanya dikarenakan seorang kawannya yang selalu bersungut, marah, dan tidak pernah tersenyum. Suasana hati teman kantornya yang buruk, acapkali membuatnya lebih mudah mengeluarkan kata-kata menyakitkan, meninggikan suara, dan bertingkah pongah. Alhasil, rekan-rekannya yang setiap hari bersamanya pun menjadi jengah dan tidak lagi berempati. 

Sungguh bermakna sekali arti sebuah senyuman. Senyuman adalah hal ringan yang acapkali kita lupakan dan remehkan. Seperti kisah sahabat tadi, islam memberikan solusi dengan sempurna melalui senyuman.
"Jangan meremehkan sedikitpun dari amal kebaikan, meski hanya sekedar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (senyum)" HR. Muslim

Selain daripada itu, senyum juga memiliki nilai tersendiri sebab setiap senyuman adalah sedekah, dan sedekah di dalam islam mengandung ibadah. Jadi, bisa dikatakan bahwa senyum adalah ibadah yang paling mudah dan murah. 

"Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah". HR Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Baihaqi.

Berdasarkan penelitian dari segi kesehatan, seutas senyuman mampu mempengaruhi hampir semua otot dan sebagian besar organ-organ utama. Akibatnya, aktivitas pernafasan dan detak jantung meningkat, menstimulus sistem sirkulasi darah, dan mengurangi stress. Sementara itu, kelenjar di bawah otak mengeluarkan zat kimia yang membuat kita merasa sehat. Seluruh badan terasa lebih ringan dan rileks. Selain itu, orang yang sedang dalam keadaan tidak mood kemudian berpura-pura tersenyum akan dengan sendirinya merubah kondisi perasaanya menjadi lebih baik. 

Sahabat Salimah, hari ini mari kita berikan seutas senyuman memesona kepada orang lain. Senyuman ikhlas, senyuman kebahagiaan, mari kita petik sebaik-sebaik pahala dari ibadah murah meriah ini. ^_^





Diterbitkan oleh Humas Salimah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara
Boleh disebarluaskan dengan menyebutkan sumbernya



0 komentar: