Seminar Enterpreneur "Mendorong Ekonomi Keluarga Melalui Wirausaha Mandiri"


Bekerja sama dengan Gabungan Organisasi (GOW) Kab. Bulungan, Salimah Kab. Bulungan Menyelenggarakan seminar bisnis dengan tema “Mendorong ekonomi keluarga melalui wirausaha mandiri” . Bertempat di Kantor Bupati Lama, Jl. Kol. Soetadji Tanjung Selor. Dalam seminar ini, Salimah menghadirkan pemateri dari semarang Jawa Tengah yaitu Bapak Faris Fanani, S. Psi Direktur BISA enterprise (Suplier, Event Management, Training Provider) serta Sekretaris INCCA Jawa Tengah.

Seminar ini dihadiri oleh 180 peserta yang berasal dari organisasi-organisasi wanita di Kabupaten bulungan serta pelaku bisnis yang ada di Tanjung selor. Dalam seminar ini Pemateri menekankan kepada para peserta untuk membang untuk membangun “One Family One Business”. Untuk mewujudkannya kita harus menghindari mitos-mitos enterpreneur yang ada dimasyarakat kita antara lain: 
1.   Enterpreneurship itu bukan untuk saya, kenyataannya enterpreneurship perlu dimiliki semua orang. 
2.  Selalu yang dibutuhkan adalah modal, kenyataannya terlalu mudah uang/kredit menjadikan kita bodoh.
3. Untuk sukses perlu produk yang unik/kreatif, kenyataannya sukses bisnis banyak lahir melalui produk biasa. 
4.  Agar cepat kaya harus cepat besar, kenyataannya besar tidak selalu kuat.
5.Kaya adalah gaya hidup, kenyataannya membangun kekayaan justru dengan cara yang simpel atau sederhana.

Pepatah Arab menyebutkan “ man jadda wa jadah” Siapa bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan” . Orang yang bersungguh-sungguh dalam bekerja pasti akan mendapatkan imbalan. Perlu diperhatikan bahwa setiap bekerja atau melakukan sesuatu harus dilandaskan dengan niat. Sebagaimana hadits nabi menerangkan yang di riwayatkan oleh Bukhari Muslim ” Bahwasanya segala amal perbuatan tergantung pada niat, dan bahwasanya bagi tiap-tiap orang apa yang ia niatkan. Maka barang siapa yang hijrahnya menuju  (keridhoan ) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu kearah ( keridhaoan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya itu karena dunia ( harta atau kemegahan dunia ) atau karena seorang wanita yag akan dikawininya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujuinya.”

Melalui Seminar ini Salimah Bulungan dan GOW Kab. Bulungan berharap masyarakat bulungan lebih bersemangat untuk menciptakan lapangan usaha guna memperkuat ekonomi keluarga melalui wirausaha mandiri.

Jazakillah Khairan Katsir




0 komentar: